Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Agustus 2010

surah Ali-Imran 51-60

innallaaha rabbii warabbukum fa'buduuhu haadzaa shiraathun mustaqiim
[3:51] Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus".
[3:51] Surely Allah is my Lord and your Lord, therefore serve Him; this is the right path.

falammaa ahassa 'iisaa minhumu lkufra qaala man anshaarii ilaallaahi qaala lhawaariyyuuna nahnu anshaarullaahi aamannaa bilaahi wasyhad bi-annaa muslimuun
[3:52] Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani lsrail) berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?" Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: "Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.
[3:52] But when Isa perceived unbelief on their part, he said Who will be my helpers in Allah's way? The disciples said: We are helpers (in the way) of Allah: We believe in Allah and bear witness that we are submitting ones.

rabbanaa aamannaa bimaa anzalta wattaba'naa rrasuula faktubnaa ma'a sysyaahidiin
[3:53] Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)".
[3:53] Our Lord! we believe in what Thou hast revealed and we follow the apostle, so write us down with those who bear witness.

wamakaruu wamakarallaahu walaahu khayru lmaakiriin
[3:54] Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.
[3:54] And they planned and Allah (also) planned, and Allah is the best of planners.

idz qaalallaahu yaa 'iisaa innii mutawaffiika waraafi'uka ilayya wamuthahhiruka minalladziina kafaruu wajaa'ilulladziina ittaba'uuka fawqalladziina kafaruu ilaa yawmi lqiyaamati tsumma ilayya marji'ukum fa-ahkumu baynakum fiimaa kuntum fiihi takhtalifuun
[3:55] (Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya".
[3:55] And when Allah said: O Isa, I am going to terminate the period of your stay (on earth) and cause you to ascend unto Me and purify you of those who disbelieve and make those who follow you above those who disbelieve to the day of resurrection; then to Me shall be your return, so l will decide between you concerning that in which you differed.

fa-ammaalladziina kafaruu fau'adzdzibuhum 'adzaaban syadiidan fii ddunyaa wal-aakhirati wamaa lahum min naasiriin
[3:56] Adapun orang-orang yang kafir, maka akan Ku-siksa mereka dengan siksa yang sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong.
[3:56] Then as to those who disbelieve, I will chastise them with severe chastisement in this world and the hereafter, and they shall have no helpers.

wa-ammaalladziina aamanuu wa'amiluu shshaalihaati fayuwaffiihim ujuurahum walaahu laa yuhibbu zhzhaalimiin
[3:57] Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh, maka Allah akan memberikan kepada mereka dengan sempurna pahala amalan-amalan mereka; dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.
[3:57] And as to those who believe and do good deeds, He will pay them fully their rewards; and Allah does not love the unjust.

dzaalika natluuhu 'alayka mina l-aayaati wadzdzikri lhakiim
[3:58] Demikianlah (kisah 'Isa), Kami membacakannya kepada kamu sebagian dari bukti-bukti (kerasulannya) dan (membacakan) Al Qur'an yang penuh hikmah.
[3:58] This We recite to you of the communications and the wise reminder.

inna matsala 'iisaa 'indallaahi kamatsali aadama khalaqahu min turaabin tsumma qaala lahu kun fayakuun
[3:59] Sesungguhnya misal (penciptaan) 'Isa di sisi AllAh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia.
[3:59] Surely the likeness of Isa is with Allah as the likeness of Adam; He created him from dust, then said to him, Be, and he was.

alhaqqu min rabbika falaa takun mina lmumtariin
[3:60] (Apa yang telah Kami ceritakan itu), itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu.
[3:60] (This is) the truth from your Lord, so be not of the disputers.

Tidak ada komentar: